Tegaskan Perpustakaan Harus Berbasis SNP, DPK Kota Solok Gelar Monitoring Perpustakaan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok kembali melakukan monitoring perpustakaan untuk memantau pelaksanaan pengelolaan perpustakaan berbasis Standar Nasional Perpustakaan (SNP) untuk Tahun 2020. Pelaksanaan monitoring kali pertama tahun ini, diketuai Suhartinah, dan didampingi Ernulzal, Karmaini, dan Budiman Muslim bertempat di SDN 15 Tanah Garam, Selasa (17/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Suhartinah selaku Sekretaris DPK menyampaikan harapannya agar prestasi yang diraih SDN 15 Tanah Garam tahun 2019 sebagai juara 3 perpustakaan SD/MI terbaik se-Kota Solok terus ditingkatkan dan berupaya terus memenuhi kriteria yang terdapat dalam Standar Nasional Perpustakaan untuk Perpustakaan SD/MI.

“Khusus untuk SDN 15 Tanah Garam kami juga memotivasi agar bersemangat untuk menghadapi akreditasi perpustakaan yang sebentar lagi akan dihadapinya, maka lengkapi seluruh bukti fisik yang diperlukan, sehingga ketika asesor akan melakukan visitasi sekolah ini sudah siap dan semoga mendapatkan nilai akreditasi yang terbaik” ujar Suhartinah.

Monitoring perpustakaan merupakan kegiatan regular yang setiap tahun dilaksanakan DPK, selain dari pelaksanaan bimbingan teknis/sosialisasi perpustakaan/seminar, dan penilaian perpustakaan perpustakaan baik tingkat SD/MI dan tingkat SMP/MTs. Kesemua kegiatan ini bertujuan agar meningkatkan profesionalitas pengelola perpustakaan/pustakawan dan meningkatkan tata kelola perpustakaan sesuai dengan standar nasional perpustakaan yang ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Monitoring perpustakaan akan menyasar 71 perpustakaan di Kota Solok baik, perpustakaan sekolah, perpustakaan kelurahan, perpustakaan masjid dan perpustakaan masyarakat/Taman Baca Masyarakat (TBM).