DPK Gelar Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI

Puluhan siswa tingkat SD dan MI mengikuti lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD), dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Solok, Sabtu dan Minggu (27-28/4) di Aula SMPN 5 Solok.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok tersebut bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat baca pada anak – anak di usia dini.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Suhartinah, S.Pd, MM.

"Buku adalah jendela dunia. Kunci untuk membukanya adalah membaca. ungkapan ini secara tegas menjelaskan manfaat membaca, yakni membuka, memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang," kata Suhartinah.

"Dalam Islam, kewajiban yang pertama diturunkan Allah adalah membaca, sebagaimana termaktub dalam surah (Al-Alaq:1), 'Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan'. Ayat ini diturunkan atau diperintahkan kepada umat Islam untuk rajin membaca. Oleh karenanya umat Islam akan bangkit ketika minat membaca kita tumbuh dan berkembang. Ilmu pengetahuan akan berkembang, pemahaman dan wawasan kita akan luas seluas-luasnya," terangnya.

Terakhir, Suhartinah berpesan kepada puluhan siswa SD, untuk memanfaatkan perpustakaan baik di sekolah maupun Perpustakaan Umum Kota Solok.

Selama pelaksanaan dua hari, tim juri lomba telah menetapkan pemenang lomba sebagai berikut :
Juara 1, Wardah Izzati Q. dari SDIT Iqro’
Juara 2, Nazifa Aqela Zahiya dari SDN 07 KTK.
Juara 3, Gabrella Abelva dari SDN 03 Kampng Jawa.
dan Juara Harapan 1, Alfegya Nalani dari SDN 16 Nan Balimo