Lestarikan Bahan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Sosialisasi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan gelar Sosialisasi Pelestarian Bahan Perpustakaan kepada 70 orang pengelola perpustakaan se Kota Solok. “Kegiatan ini sangat penting kita laksanakan untuk menjaga nilai informasi yang terkandung dalam setiap lembar bahan perpustakaan, termasuk juga tak kalah pentingnya menjaga fisik bahan perpustakaan tersebut agar tetap lestari dan agar tetap bermanfaat ”tegas Ernurzal, Kabid Pembinaan dan Pengelolaan Teknologi Informasi mewakili kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok saat acara pembukaan kegiatan ini, Selasa (30/4/2019).

Kota Solok termasuk salah satu daerah Sumatera Barat yang berpotensi terdampak gempa, maka upaya pencegahan atau meminimalisir dampak bencana alam terhadap bahan perpustakaan harus dilakukan. “sehingga sosialisasi pelestarian bahan perpustakaan ini juga akan menyuguhkan materi tentang kesiapsiagaan bencana yang akan disampaikan oleh aparatur BPBD Kota Solok, disamping juga materi utama pelestariaan bahan perpustakaan oleh pengajar ilmu perpustakaan, Universitas Negeri Padang”ujar Ernurzal menambahkan.

Sosialisasi yang dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok ini berlangsung satu hari, dimulai dengan materi pengantar pelestarian bahan perpustakaan, praktek pelestarian bahan perpustakaan dan diakhiri dengan materi mitigasi menghadapi bencana.

Salah seorang peserta, Riri Febrianti dari perpustakaan SDN 21 PPA memberikan apresiasinya atas kegiatan yang sangat bermanfaat ini.”saya sebelumnya belum tahu bagaimana cara merawat buku dengan baik dan jika ada buku rusak saya simpan saja digudang, tapi dengan kegiatan ini saya tahu bagaimana melakukan penjilidan ulang terhadap buku yang rusak”ujar Riri.

Kegiatan penambahan pengetahuan tentang wawasan dan keterampilan pengelolaan perpustakaan rutin dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok setiap tahunnya. Tahun-tahun sebelumnya pernah dilaksanakan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan, sosialisasi UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, dan bimbingan teknis pengajuan daftar usulan penetapan angka kredit bagi pustakawan dan calon pustakakawan. Kegiatan yang dilakukan merupakan tanggung jawab Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota sekaligus menjalankan tugas pokoknya dalam rangka pembinaan perpustakaan bagi seluruh perpustakaan di Lingkungan Pemerintah Kota Solok.