Pengelola Perpustakaan se Kota Solok Sharing Informasi ke SDN 05 Pasar Usang Padang Panjang

Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Solok melaksanakan kegiatan Sharing Informasi ke SDN 05 Pasar Usang, Kota Padang Panjang, Sabtu (30/11/2019). Sebanyak 45 orang pengelola perpustakaan se Kota Solok, baik perpustakaan umum, perpustakaan SD/MI, dan perpustakaan SMP/MTs mengikuti  kegiatan ini.

Rombongan sharing informasi IPI Kota Solok ini disambut langsung oleh kepala sekolah, Dra. Hayatul Hasna, di ruang pertemuan SDN 05 Pasar Usang. Dalam sambutannya, Hayatul Husna menyampaikan terima kasih atas kunjungan pengelola perpustakaan dari Kota Solok ke sekolahnya. “Kami bangga dikunjungi oleh teman-teman dari Kota Solok, sebenarnya kami ini sekolah biasa-biasa saja, tapi Alhamdulilah pustakawan kami meraih prestasi di tingkat provinsi dan melaju ke tingkat nasional dalam Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Tahun 2019 yaitu Fitria Diane Pratiwi Syukri ”ujarnya.

Fitria Diane Pratiwi Syukri, pengelola perpustakaan SDN 05 Pasar Usang yang diberikan kesempatan memberikan sambutan dan paparan pribadinya menyatakan bahwa selama mengikuti seleksi ajang pustakawan berprestasi tersebut ada beberapa inovasi yang dilakukannya lalu dijagokan dalam sesi wawancara dan presentasi didepan juri tingkat nasional, diantaranya lorong ilmu. “karena keterbatasan ruang perpustakaan kami, lalu saya berfikir dan mencetuskan ide untuk memberdayakan lorong-lorong sekolah untuk dijadikan tempat pajang rak dan buku-buku perpustakaan, sehingga anak-anak bebas membaca sambal bermain, bahkan membaca sambil makan diwaktu istirahat” ungkap perempuan yang akrab disapa riri ini. Selain itu, riri juga menyatakan bahwa ia juga membuat kegiatan seni daur ulang atau yang disingkat Sendal. Kegiatan ini mengajarkan kepada siswa untuk memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan barang-barang bermanfaat. Hasil kegiatan ini berupa produk-produk yang dapat dijual atau ditukarkan dengan buku-buku.

Diakhir kegiatan, semua peserta sharing informasi diberi kesempatan untuk melihat-lihat perpustakaan, lorong ilmu, dan segala jenis hasil karya “Sendal” yang dihasilkan oleh siswa-siswi SDN 05 Pasar Usang. Kegiatan ini merupakan bentuk upaya peningkatan wawasan dan pengetahuan bagi pengelola perpustakaan se Kota Solok dengan langsung bertemu dan berdiskusi dengan pustakawan berprestasi nasional.