Intensifkan Pertemuan, DPK Kota Solok Sambut Akreditasi Perpustakaan

Pasca penyampaian usulan akreditasi perpustakaan dari Pemerintah Kota Solok kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 beberapa waktu lalu, maka sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok menggelar asistensi kepada perpustakaan yang diusulkan untuk diakreditasi pada rabu (26/2/2020) di ruang bidang pembinaan dan pengelolaan teknologi informasi. Perpustakaan yang akan bersiap diakreditasi tahun ini yakni SDN 15 Tanah Garam, SDN 09 PPA, SDN 07 Kampung Jawa, dan SMPN 4 Solok.

Asistensi pertama ini dipimpin Kepala Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Teknologi Informasi, Ernulzal, didampingi oleh Kepala Seksi Pembinaan Lembaga dan Tenaga Perpustakaan, Karmaini, beserta Pustakawan, Budiman Muslim. Asistensi membahas instrumen yang harus dipenuhi dan dipersiapkan sebelum tim Akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI datang ke Kota Solok, dimana pembahasan awal ini dikhususkan kepada komponen koleksi perpustakaan.

“Asistensi ini memberikan bimbingan dan pendampingan dalam hal mengisi instrumen akreditasi dan mengumpulkan bukti fisik yang diperlukan, sehingga kita memastikan agar peserta akreditasi dari Kota Solok benar-benar siap ketika asesor melakukan visitasi di daerah kita” ujar Budiman.

Jika merujuk kepada pengalaman tahun 2019 yang lalu, asesor dari Perpustakaan Nasional datang pada bulan April, sehingga peserta akreditasi memiliki waktu lebih dari sebulan untuk mempersiapkan segala administrasi dan bukti fisik yang diminta dalam pengajuan akreditasi ini. Pada tahun lalu, 4 perpustakaan di Kota Solok meraih akreditasi B, yaitu SMPN 1 Solok, SDN 11 Tanah Garam, SDN 17 Laing dan SDN 21 PPA.