Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sijunjung Belajar Pengalaman Akreditasi Perpustakaan ke Kota Solok

Sebanyak 15 orang pengelola perpustakaan Kabupaten Sijunjung yang dipimpin Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Rahmanuddin, melakukan studi banding berkenaan dengan persiapan akreditasi perpustakaan ke SD Negeri 11 Tanah dan Garam dan SMP Negeri 2 Solok , Selasa (25/2/2020).

Sebelum menuju lokasi studi banding, rombongan disambut oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Teknologi Informasi, Ernurzal, beserta jajaran struktural dan fungsional Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kota Solok di Aula dinas. Dalam sambutannya, Ernulzal menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan rombongan dari Sijunjung, beliau juga menyampaikan permohonan maaf dari kepala dinas karena dalam waktu bersamaan menghadiri kegiatan rapat koordinasi kearsipan di Surakarta.

“Kami akan membantu semaksimal mungkin apa yang diinginkan pengelola perpustakaan yang mengikuti studi banding ini, berkaitan dengan akreditasi kami telah meraih peringkat B untuk tiga perpustakaan SD dan 1 perpustakaan SMP, dan insyaAllah akan kami memberikan pengalaman kami dalam menjalani akreditasi tersebut” ucap Ernulzal.

Selanjutnya, Rahmanuddin, selaku pimpinan rombongan dari Sijunjung menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan luar biasa dari Kota Solo atas kunjungan mereka. Kunjungan ini merupakan rekomendasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat untuk menimba ilmu dan pengalaman tentang akreditasi perpustakaan kepada perpustakaan SDN 11 Tanah Garam dan SMPN 2 Kota Solok, sedangkan untuk pengalaman akreditasi tingkat SMA direkomendasikan ke  SMAN 5 Bukittinggi.

Setelah melakukan temu ramah di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, rombongan di bagi dua, rombongan pertama yang didampingi Kabid Pembinaan dan Pengelolaan Teknologi Informasi, Ernulzal, dan Kasi Pembinaan Lembaga dan Tenaga Perpustakaan, Karmaini, membawa rombongan ke SMPN 2 Solok. Sedangkan rombongan kedua, didampingi Kasi Layanan dan Kerjasama Perpustakaan, Dasrizal, dan Pustakawan Muda, Budiman Muslim, membawa rombongan ke SDN 11 Tanah Garam.