Dispusip Tingkatkan Jejaring Informasi Koleksi dalam Bentuk Katalog Induk Daerah

Dalam rangka menyatukan database koleksi perpustakaan se-Kota Solok untuk menunjang fungsi Katalog Induk Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Solok menggelar Konsolidasi dan Integrasi Data Perpustakaan Tahap I Tahun 2018.  

“Pertemuan ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi Katalog Induk Daerah Kota Solok, sehingga dengan konsolidasi dan integrasi data koleksi perpustakaan se-Kota Solok ini  maka memudahkan masyarakat mengetahui informasi koleksi yang ada di seluruh perpustakaan Kota Solok” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Teknologi Informasi Dispusip, Suherma saat membuka acara tersebut di Aula Bappeda, Kamis, 12 April 2018.

Agenda yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 12 sampai 13 April 2018 ini diikuti seluruh perpustakaan binaan Dispusip Kota Solok. Bertindak sebagai narasumber tunggal, Syah Rahmat sosok penggiat Aplikasi yang dikembangkan Perpustakaan Nasional RI, Inlislite,  membuka diskusi dan membantu mencarikan solusi atas permasalahan dalam penggunaan Inslislite. Kepala Seksi Pengelolaan Teknologi Informasi Dispusip, Diana Fitria menambahkan bahwa kegiatan ini mendapatkan antusias yang tinggi dari peserta karena memberikan informasi atas perkembangan terbaru dari aplikasi, pengetahuan backup data, permasalahan atas konflik aplikasi sejenis, pembuatan kartu anggota, dan ekspor data anggota dalam format excel.

“Kegiatan ini kali kedua kami lakukan sejak tahun 2017, dan kedepan akan dilanjutkan pada akhir 2018, semoga Katalog Induk Daerah dimanfaatkan masyarakat dalam mengakses koleksi perpustakaan sehingga dapat menunjang visi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok yaitu Kota Solok Membaca 2021” pungkas diana.