Tim Asesor Perpusnas RI Akreditasi Perpustakaan di Kota Solok

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dikunjungi tim assessor akreditasi perpustakaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), Kamis (25/4/2019) di ruang kerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok. Tim Assessor berjumlah 2 orang terdiri dari, Dra. Nelwati Sikumbang, M.Si dan Atikah, S.Sos, M.Si.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Suhartinah, S.Pd, MM, menyambut gembira atas kedatangan tim asesor di Kota Solok karena akreditasi bertujuan menilai secara objektif atas pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berdasarkan standar nasional perpustakaan. “kami berharap 6 perpustakaan sekolah yang kami ajukan mendapatkan nilai akreditasi yang terbaik dan itu semua juga dapat memacu semangat perpustakaan sekolah yang lain untuk berbenah menghadapi akreditasi perpustakaan ditahun mendatang”ujar Suhartinah kepada tim asesor.

Pada tahun 2019, Kota Solok mendapat alokasi enam perpustakaan untuk dilakukan akreditasi. Berharap nilai maksimal, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menunjuk 6 perpustakaan berprestasi sebagai perpustakaan terbaik pada penilaian perpustakaan sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs se Kota Solok Tahun 2018 yang lalu. Keenam perpustakaan tersebut, SMPN 1, SMPN 2, MTsN Kota Solok, SDN 21 PPA, SDN 11 Tanah Garam, dan SDN 17 Laing.

Mewakili tim assessor, Dra. Nelwati Sikumbang mengatakan, akreditasi perpustakaan sekolah merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan perpustakaan di sekolah agar sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan. Setiap perpustakaan yang diakreditasi tim assessor akan melakukan penialain, pemantauan dan pencocokkan keadaan sebuah perpustakaan sesuai dengan standardisasi perpustakaan. “Enam perpustakaan sekolah yang dilakukan penilaian akreditasi tersebut adalah atas usulan dan rekomendasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok,” ujarnya.

Dalam melakukan visitasi, tim asesor melakukan penilain terhadap Komponen Layanan, Komponen Koleksi, Komponen Kerjasama, Komponen Pengorganisasian Perpustakaan, Komponen SDM, Komponen Anggaran, Komponen Gedung/Ruang, Komponen Sarana dan prasarana, Komponen Manajemen Perpustakaan, serta Komponen Perawatan Koleksi Perpustakaan.

Visitasi dibagi dua tim, tim pertama Dra. Nelwati, MM didampingi Budiman Muslim, SE, M.I.Kom selaku pustakawan pada DPK Kota Solok dan Dafrizal Kasi Layanan dan Kerjasama Perpustakaan.

Sementara, untuk tim dua, Atikah, S.Sos, M.Si didampingi Dr. Ernurzal, M.Ag, Kabid Pembinaan dan Pengelolan Teknologi Informasi dan Khairul, S.IP Fungsional umum pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok.