Akhir April, Pekan Literasi di Kota Solok

Dalam rangka menuju cita-cita besar Kota Solok sebagai Kota Literasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan pekan literasi, selama 6 hari,(22-28/4/2019) bertempat di Aula SMP negeri 5 Solok. Berbagai kegiatan edukatif yang dilaksanakan selama sepekan tersebut, terdiri dari rapat koordinasi yang dilaksanakan selasa (23/4), pelatihan menulis untuk penggiat literasi yang dilaksanakan rabu-jum’at (24-26/), dan diakhiri dengan lomba bercerita bagi siswa SD/Mi se Kota solok pada hari sabtu dan minggu,(27-28/4).

Kabid Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaaan Kegemaran Membaca, Dra. Weni Oktiarni, MM menjelaskan bahwa kegiatan diawali dengan Rapat Koordinasi Perpustakaan yang diikuti oleh stakeholder perpustakaan, baak kepala sekolah, pengelola perpustakaan sekolah, unsur perwakilan perpustakaan kelurahan, pustakawan, dan duta baca Kota Solok. Dalam rekomendasinya, peserta rapat koordinasi menyepakati adanya upaya melaksanakan penyelenggaraan perpustakaan berdasarkan standar nasional perpustakaan yang telah dibuat oleh Perpustakaan Nasional RI. Selanjutnya, akan ada pemberdayaan masyarakat untuk kesejahteraan yang dibina oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dan bekerjasama dengan perpustakaan kelurahan dan taman bacaan masyarakat.

“Setelah rapat koordinasi, besok harinya akan diadakan pelatihan menulis untuk penggiat literasi dan kita kerjasama dengan Balai Bahasa Sumatra Barat. Kegiatan ini digelar selama tiga hari berturut-turut dengan harapan akan lahir penulis-penulis berbakat di Kota Solok” ujar Weni menambahkan.

Pekan literasi di Kota Solok diakhir dengan penyelenggaraan Lomba Bercerita, Sabtu dan Minggu, bertempat di Aula SMPN 5 Solok. Lomba bercerita ini setiap tahun di gelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok sebagai bagian dari partisipasi lomba yang diadakan Perpustakaan nasional berjenjang di mulai tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.