DPK Kota Solok Gelar Penilaian Perpustakaan Sekolah

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok (DPK) melalui Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Teknologi Informasi melaksanakan penilaian perpustakaan sekolah se Kota Solok, 8 Oktober – 11 November 2019. Penilaian dilaksanakan kepada 45 perpustakaan SD/MI dan 9 perpustakaan SMP/MTs se Kota Solok.Tim penilai yang beranggotakan 3 (tiga) orang ini terdiri dari Ernurzal selaku ketua tim, serta Karmaini dan Budiman Muslim sebagai anggota tim penilai.

Kabid Pembinaan dan Pengelolaan TI, Ernurzal, M.Ag, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun untuk menilai dan memilih yang terbaik dalam pengelolaan perpustakaan sesuai tingkatannya. “kegiatan penilaian ini merupakan rangkaian akhir proses pembinaan perpustakaan yang dilakukan setaiap tahun oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kepada perpustakaan sekolah binaan, yang diawali dengan pemberiaan bekal pengetahuan dan keterampilan melalui bimbingan teknis yang dilaksanakan pada bulan April yang lalu, dan lanjutkan dengan monitoring perpustakaan yang dilaksanakan selama bulan April sampai September 2019, hingga akhirnya melakukan penilaian perpustakaan seperti saat ini”ujarnya.

Rangkaian penilaian yang dilakukan dimulai dengan tahapan penilaian kuesioner dan berkas pendukung yang telah diserahkan sebelumnya oleh perpustakaan binaan kepada tim penilai. Selanjutnya tim menilai berkas tersebut dan menetapkan 16 besar perpustakaan terbaik untuk tingkat SD/MI dan 3 besar perpustakaan terbaik untuk tingkat SMP/MTs. Tahapan berikutnya, tim penilai melakukan verifikasi atas kebenaran kuesioner yang diisi beserta berkas pendukungnya untuk menentukan pemenang dalam penilaian ini. Adapun komponen penilaiannya adalah organisasi perpustakaan, gedung/ruangan perpustakaan, sarana/prasarana dan sumber belajar elektronik, anggaran perpustakaan, tenaga pengelola perpustakaan, koleksi, pengolahan bahan perpustakaan, layanan dan kerjasama perpustakaan.