Arsip Nasional RI Puji SIKD Versi Mobile Kota Solok

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok, Yul Abrar, beserta rombongan melaksanakan koordinasi dan konsultasi ke Arsip Nasional RI, Jakarta, Senin dan Selasa (25-26/2/2019). Dalam paparannya dihadapan pejabat Arsip Nasional RI (ANRI), Yul Abrar mengatakan Kota Solok sudah memanfaatkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang dibuat oleh ANRI dan bahkan telah mengembangkannya dalam versi mobile. “InsyaAllah, kedepan aplikasi ini akan digunakan oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Solok setelah adanya penandatanganan MOU dengan seluruh kepala OPD yang disaksikan Bapak Walikota Solok” kata Yul Abrar.

Menanggapi paparan Kepala DPK Kota Solok, Kepala Sub Direktorat Daerah II A Arsip Nasional RI, Marjuni Susi, mengapresiasi langkah DPK Kota Solok dalam memanfaatkan aplikasi SIKD dan bahkan Kota Solok sudah membuat SIKD dengan versi mobile yang belum dilaksanakan di daerah lain, hal ini dinilai telah melampaui target yang diharapkan ANRI. “ Saya berharap agar pelaksanaan SIKD di Kota Solok kedepannya jauh lebih baik lagi, dan tentu hal itu akan tercapai dengan dukungan dari kepala daerah dan kerjasama dengan seluruh kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Solok” pungkas Marjuni Susi.

Dalam kesempatan itu, rombongan yang dipimpin Yul Abrar, juga diikuti oleh tiga orang pejabat struktural, dan dua orang admin admin SIKD, melakukan koordinasi dan konsultasi tentang persiapan sosialisasi kearsipan dan penjajakan kesepakatan antara Kepala ANRI dan Walikota Solok dalam penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA).

“Alhamdulillah, berkat usaha kita menyakinkan pimpinan ANRI, dalam waktu dekat akan dilaksanakan pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), menghadirkan pejabat di lingkungan ANRI, sekaligus digelar lauching pengelolaan arsip berbasis SIKD, program pengintegrasian data arsip statis melalui SIKN/JIKN dan penandatangan MOU  penyusunan JRA anatara Pemda Solok dan ANRI” pungkas Yul Abrar.